Dibuka Pendaftaran CaKetum BPP HIPMI Masa Bakti 2022-2025

Dalam rangka regenerasi organisasi, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) membuka pendaftaran bakal calon ketua umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI, menggantikan Mardani H. Maming yang segera habis masa jabatannya.

Ketua Panitia Pengarah (SC) Munas XVII HIPMI Dede Indra Permana Soediro menyatakan, untuk menjadi bakal calon (bacalon) ketua umum, seseorang harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) HIPMI.

“Untuk mendaftar sebagai bacalon ketua umum BPP HIPMI, kandidat sekurang-kurangnya harus mendapatkan 5 surat rekomendasi dari BPD HIPMI, lalu juga harus tercatat pernah menjadi fungsionaris kepengurusan baik di pusat atau daerah,” ujar Dede dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Lebih lanjut, Dede menjelaskan masa pendaftaran ini akan berakhir pada 30 Agustus 2022. Oleh karena itu, ia meminta kepada setiap kandidat untuk bisa mempersiapkan diri memenuhi syarat yang harus dipenuhi.

“Waktu pendaftaran dimulai hari ini 10 Agustus hingga 30 Agustus 2022. Para bacalon harus bisa memanfaatkan waktu yang tersisa ini untuk memenuhi syarat-syarat yang diperlukan,” ucapnya.

Selain itu, Sekretaris Panitia Pengarah (SC) Munas XVII HIPMI Isnaldi Muhammad Dini mengatakan, setiap BPD dapat mendaftarkan diri serta memenuhi semua persyaratan kepesertaan Munas XVII HIPMI melalui link form pendaftaran Munas https://tiny.cc/DAFTARMUNAS. Masing-masing BPD dapat memberikan satu rekomendasi kepada satu bacalon Ketua Umum BPP HIPMI yang telah mendaftarkan diri.

“Surat rekomendasi paling lambat diserahkan pada Selasa 30 Agustus 2022 dapat melalui bacalon Ketua Umum BPP HIPMI atau langsung diserahkan kepada panitia Steering Committee (SC) Munas XVII HIPMI. Setiap BPD HIPMI mengirimkan peserta utusan yang jumlahnya akan ditentukan oleh SC Munas XVII HIPMI berdasarkan ART HIPMI Pasal 12 ayat 8,” ungkap Isnaldi.

Wakil Sekretaris Jenderal BPP HIPMI itu juga mengharapkan dalam proses suksesi Ketua Umum BPP HIPMI ini dapat berjalan secara demokratis dan memberikan dampak positif dalam perpolitikan di Indonesia.

“Di tahun politik ini, semoga proses regenerasi kepemimpinan HIPMI ini dapat terlaksana secara demokratis. Tentu ini akan menjadi contoh positif di Indonesia,” imbuhnya.